NIM : 8020170120

MULTIPROGRAMMING

MULTIPROGRAMMING


Multiprogramming adalah suatu metode yang memungkinkan dua buah program atau lebih dijalankan secara serentak dalam sebuah komputer dan berbagai sumber daya dalam waktu yang berlainan.Konsep multiprogramming bisa diibaratkan sebagai pekerja yang tak hanya menangani satu pekerjaan,tetapi juga menangani pekerjaan lain,sehingga tak ada waktu yang terbuang.
Konsep dasar dari multiprogramming ini adalah: suatu proses akan menggunakan CPU sampai proses tersebut dalam status wait (misalnya meminta I/O) atau selesai. Pada saat wait , maka CPU akan nganggur (idle). Untuk mengatasi hal ini, maka CPU dialihkan ke proses lain pada saat suatu proses sedang dalam wait, demikian seterusnya. (www.info-teknologi.com/konsep-dasar-penjadwalan-cpu/)
proses perhitungan waktu tunggu CPU pada multiprogramming, rumusnya adalah sebagai berikut:
(http://aqwamrosadi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/12797/SISOPS+4.doc)
Pada sistem multiprogramming, sistem operasi harus menyediakan mekanisme untuk manajemen memori, penjadwalan CPU dan manajemen disk. Sistem operasi multiprogram menyediakan supply untuk I/O routine. Sistem harus dapat mengalokasikan memory untuk beberapa job. Beberapa job yang sudah siap dieksekusi akan dipilih oleh system, job mana yang akan dieksekusi oleh CPU. Perangkat apa saja yang diperlukan oleh setiap job juga harus dialokasikan oleh sistem.

SUMBER : https://blog.ugm.ac.id/2010/09/22/multiprogramming-multiprocessing-multitasking-timesharing-2-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar