NIM : 8020170120

TUGAS 3 GAMBAR


  1. I/O
  2. HOLD HLDA
  3. MEMORI
  4. ADDRESS BUS
  5. DIRECT MEMORY ACCESS CONTROLLER(DMAC)
  6. DATA BUS
  7. I/O INTERFACE
  8. CONTROL BUS
  9. CENTRAL PROCESSING UNIT

Penjelasan :

1. I/O ( Input dan Output )

Pengertian Input pada Komputer

Pengertian input adalah (masukkan) unit/perangkat luar yang dipasang sesuai dengan slot atau portnya masing-masing untuk memasukkan atau mentransfer data dari luar ke dalam mikroprosesor untuk di proses dan diterjemahkan secara digital.
Perangkat input yang biasanya memberi masukkan pada komputer seperti mouse dan keyboard. Dengan adanya sistem input pada komputer ini membantu kita untuk melakukan pengetikan dan menggerakkan kursor dengan lancar.

Pengertian Output pada Komputer

Pengertian output adalah (keluaran) unit/perangkat luar yang digunakan untuk menampilkan atau menerjemahkan data yang keluar dari mikroprosesor komputer. Perangkat luar yang menangkap output dari sistem mikroprosesor ini misalnya data digital yang ditampilkan pada layar monitor, atau data script yang dicetak pada printer dan sebagainya.

Fungsi Input Device



Fungsi input device pada komputer adalah untuk menerima masukkan data dari perangkat luar yang disambungkan menuju mikroprosesor dan diterjemahkan menjadi sebuah informasi. Data input device yang masuk ke mikroprosesor bisa berupa data signal input atau data maintance input. Signal input berupa data yang masuk ke mikroprosesor dan maintance input berupa program yang dipakai untuk menerjemahkan data signal input. Contoh perangkat input device atau unit input device adalah keyboard, mouse, scanner, webcam, microphone, CD, hardisk dan lain-lain.

Fungsi Output Device

Fungsi output device pada komputer adalah untuk menerima keluaran data dari mikroprosesor CPU komputer yang telah diterjemahkan sehingga dapat berupa gambar, tulisan, suara dan sebagainya. Contoh perangkat output device yang biasanya digunakan untuk menerima hasil olahan komputer seperti printer, monitor, speaker, dan sebagainya.



2. HOLD HLDA

Untuk memudahkan kita dalam memahami definisi Holding Company, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah pengertian holding company menurut para ahli:

1. Hadori Yunus

Menurut Hadori Yunus, pengertian Holding Company adalah suatu perusahaan yang dibentuk dengan tujuan khusus, yaitu untuk mendapatkan saham-saham dan mengendalikan operasional perusahaan lain.

2. Bringham dan Houston

Menurut Bringham dan Houston, pengertian Holding Company adalah suatu korporasi yang memiliki saham di perusahaan lain dalam jumlah yang cukup banyak sehingga dapat mengendalikan perusahaan tersebut.

3. Winardi

Menurut Winardi, definisi holding company adalah perusahaan yang memiliki kuasa atas perusahaan lain.

4. Fuady

Menurut Fuady, definisi holding company adalah perusahaan yang bertujuan untuk memiliki (menguasai) saham pada satu atau lebih perusahaan lain dan atau mengendalikan perusahaan lain tersebut.

Tujuan Holding Company

Apa tujuan suatu holding company? Secara umum hoding company ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan secara keseluruhan, termasuk subsidiary company dan semua perusahaan yang berafiliasi dengan perusahaan induk.

Manfaat Holding Company

Holding company atau perusahaan induk memiliki peranan penting dalam proses perencanaan, koordinasi, konsolidasi, pengembangan, serta pengendalian kinerja seluruh perusahaan. Karena itu, proses perencanaan perusahaan yang dilakukan oleh perusahaan induk harus dirumuskan dengan jelas dan efektif.
Pada perusahaan induk, ada banyak aspek yang harus diperhatikan, diantaranya:
  • Finansial
  • Struktur organisasi
  • Sumber daya manusia
Selain itu, perusahaan induk juga harus memperhatikan sistem pengendalian manajemen (Management Control System). Dalam hal ini, holding company melakukan proses perencanaan, pengukuran, pemantauan, pengendalian, dan auditing yang transparan dan memiliki akuntabilitas.
3. MEMORI
Saat ini istilah memori digunakan untuk menggambarkan ruang penyimpanan data yang datang ke dalam chip komputer, dan kata penyimpanan itu sendiri digunakan untuk menggambarkan memori yang ada di dalam disk.
Selain itu, terkadang istilah memori biasanya digunakan pula sebagai perangkat memori  external atau perangkat memori yang bisa dibawa kemana-mana.  Beberapa komputer saat ini juga menggunakan memori virtual, yang memiliki daya yang besar pada sebuah hardisk.
Setiap komputer saat ini telah dilengkapi dengan memori,  dan biasanya memori tersebut dinamakan memori utama atau disebut dengan RAM. Di dalam sebuah komputer memori  utama ditempatkan dalam bentuk deretan kotak metal.
Setiap Komputer dapat menampung informasi dalam bentuk byte. Komputer yang telah memiliki 1 megabyte memori dapat menampung lebih dari satu juga bytes informasi atau character.
4. ADDRESS BUS

Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
5. DIRECT MEMORY ACCESS CONTROLLER(DMAC)
Apa itu DMA CONTROLLER ?
DMA Istilah singkatan untuk akses memori langsung. Perangkat perangkat keras yang digunakan untuk akses memori langsung disebut pengontrol DMA. Pengontrol DMA adalah unit kontrol, bagian dari rangkaian antarmuka perangkat I / O, yang dapat mentransfer blok data antara perangkat I / O dan memori utama dengan intervensi minimal dari prosesor.
6. DATA BUS
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. I/O INTERFACE
I/O interface adalah peralatan yang dimana informasi dapat masuk  dan keluar dari perangkat seperti computer. Dalam komputasi input output adalah komunikasi antara system pengolahan informasi dan dunia luar. Input adalah sinyal atau data yang diterima oleh system dan output adalah sinyal atau data yang dikirim dari itu. Contoh alat input yaitu keyboard , mouse , scanner, joystick , camera digital, bar code reader, webcam . dan contoh dari alat output adalah monitor, printer,  proyektor, dan speaker.
8. CONTROL BUS
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.
9. CENTRAL PROCESSING UNIT

Pengertian CPU atau Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang memiliki tugas untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Karena merupakan pusat pengolahan data dalam sebuah komputer, CPU sering disebut juga sebagai processor. Cepat atau lambatnya kinerja dari sebuah computer cukup ditentukan oleh kualitas dan teknologi dari CPU yang digunakan.

PENGERTIAN DAN CONTOH THREAD

PENGERTIAN

Thread merupakan unit terkecil dalam suatu proses yang bisa dijadwalkan oleh sistem operasi dan sebuah unit dasar dari sistem utilisasi pada processor (CPU). Dalam ilmu komputer, thread diartikan sebagai sekumpulan perintah (instruksi) yang dapat dilaksanakan (dieksekusi) secara sejajar dengan thread  lainnya, dengan menggunakan cara time slice (ketika satu CPU melakukan perpindahan antara satu thread  ke threadlainnya atau multiprocess (ketika thread-thread tersebut dilaksanakan oleh CPU yang berbeda dalam satu sistem. Thread sebenarnya mirip dengan proses, tetapi cara berbagi sumber daya antara proses dengan thread sangat berbeda. Thread merupakan sebuah situs eksekusi seperti ready, running, suspend, block, queue,dll. 


Thread kadang disebut sebagai proses ringan (lightweight). Sebuah thread  terdapat : ID Thread, Program Counter, Register, dan Stack. Sebuah thread berbagi code section, data section dan resource sistem operasi dengan thread yang lain yang memiliki proses yang sama. Keuntungan dari adanya thread :

1. Pembuatan thread baru lebih cepat dari pada proses   baru 

2. Penghentian thread lebih singkat daripada penghentian   proses

3. Switching antara dua thread  
    lebih singkat daripada switching antar proses 

4. Thread dapart berkomunikasi satu sama lain


CONTOH
User Thread dan Kernel Thread
User Thread merupakan thread yang berjalan pada user level. Pengaturan dan penjadwalan dari thread ini sepenuhnya dilakukan pada user level tanpa campur tangan dari kernel level. Setiap proses memiliki thread table untuk menyimpan informasi threadyang dimilikinya. User thread secara umum lebih ringan dalam proses pembentukan dan penjadwalan. Akan tetapi tidak dapat berjalan secara multi threading.
Kernel thread merupakan thread yang diciptakan dan berjalan pada kernel level. Penjadwalan dan manajemen dilakukan oleh kernel pada kernel level. Kernel threadsering disebut juga proses yang ringan (Lightweight Process/LWP). Kernel thread lebih lambat proses pembentukan dan penjadwalan jika dibandingan dengan user thread. Kernel thread mendukung multithreading dimana beberapa thread dapat dijalankan dalam waktu yang bersamaan.
                                         User Thread                          Kernel Thread

Terdapat relasi diantara user threads dan kernel threads. Relasi ini secara umum dapat dimodelkan menjadi 3 bentuk yaitu :
1. Many-to-One
Many-to-One model memetakan semua user thread ke dalam satu kernel thread. Manajemen pengaturan thread dilakukan pada user level sehingga kinerja lebih cepat. Kekurangannya adalah jika suatu thread melakukan blocking maka threadyang lain tidak dapat berjalan. Hanya satu thread yang dapat dijalankan pada satu waktu.

2. One-to-One
Satu user thread memiliki satu kernel thread. Keuntungan dari model ini adalah lebih dari satu thread dapat berjalan secara bersamaan. Jika satu thread melakukan blocking, thread yang lain tetap dapat berjalan. Karena setiap penciptaan userthread harus dibarengi dengan kernel thread maka model ini cenderung lebih lambat dibandingkan dengan many-to-one.

3. Many-to-Many
Memetakan beberapa user thread ke dalam sejumlah kernel thread, dimana jumlah kernel thread yang dapat digunakan sama atau lebih sedikit dari jumlah user thread. Pada model ini hanya satu thread yang dapat dijadwalkan oleh kernel thread dalam satu waktu.

THREAD PADA WINDOWS
Windows mengunakan Win32 API sebagai API utama dalam hampir semua sistem operasi Microsoft. Selain itu windows mengimplementasi model relasi One-to-One, dimana terdapat satu kernel thread yang berasosiasi dengan masing – masing user thread.
 Thread pada windows secara umum mempunyai komponen sebagai berikut :
  •   Thread ID
  •   Register set
  •   User stack dan kernel stack
  •   Private storage area.
Register set, stacks dan private data storage disebut sebagai context dari sebuah thread. Struktur data utama dari sebuah thread :
  •   ETHREAD (executive thread block)
  •   KTHREAD (kernel thread block)
  •   TEB (thread environment block)

ETHREAD (executive thread block


Bagian penting dari ETHREAD adalah KTHREAD, Process ID, Thread start address. Blok KTHREAD merupakan pointer yang merujuk pada kernel thread (KTHREAD), Process ID juga merupakan suatu pointer yang menunjuk pada proses utama yang memiliki thread tersebut dan Thread start address adalah alamat dari rutin awal thread. 

KTHREAD (kernel thread block


KTHREAD menyimpan informasi yang dibutuhkan oleh kernel untuk dapat melakukan penjadwalan dan sinkronisasi thread. Pada KTHREAD juga terdapat kernel stack, yang mana akan digunakan ketika thread berjalan pada kernel mode. Juga terdapat pointer yang menunjuk TEB.

TEB (thread environment block)


TEB menyimpan informasi image loader dan beberapa DLLs dari windows. Komponen - komponen ini berjalan pada user mode, maka dibutuhkan suatu struktur data yang dapat dimanipulasi(writable) pada user mode. Oleh karena itu, tidak seperti KTHREAD dan ETHREAD yang berada pada kernel space, TEB berada pada user space.


                                 Struktur Thread pada Windows XP

Proses Pembentukan Thread
Sebelum sebuah thread dibuat, diperlukan stack dan context dimana thread akan dijalankan. Proses pembentukan stack dilakukan dengan pemanggilan fungsi CreateThread. Fungsi ini terdapat dalam Kernel32.dll. Process manager akan mengalokasikan space untuk object dari thread yang baru dan memanggil kernel untuk membuat kernel thread block. Berikut ini langkah – langkah pembentukan thread :
      1.  Memanggil fungsi CreateThread membuat stack untuk thread pada user-                level.
2.  Thread's hardware context diinilisasi oleh CreateThread.
3.  Fungsi NtCreateThread dipanggil untuk membuat executive thread object.      NtCreateThread memanggil fungsi PspCreateThread dan menjalankan proses – proses berikut :
  •  Thread count pada program/proses akan dinaikan 1.
  •  Executive thread block (ETHREAD) dibuat dan diinisialisasi.
  •  Thread ID dibuat untuk thread yang baru
  •  TEB di setup (user- mode)
  •  Thread start address pada user-mode disimpan dalam ETHREAD
  •  Fungsi KelnitThread dipanggil untuk membuat KTHREAD block. KelnitThread mengalokasikan kernel stack dan inisialisasi machinedependent hardware context termasuk didalamnya context, trap, dan exception frames.
  •    Thread access token di set sesuai dengan proces acces token dan akan dicek apakah program/proces tersebut memiliki hak untuk membuat thread atau tidak. Proses cek ini akan selalu berhasil jika thread yang diciptakan bersifat lokal, dimana thread yang diciptakan masih berada dalam program/proces yang sama. Kemungkinan gagal jika thread yang akan dibuat untuk program/proces yang lain.

    4. Thread baru diinformasikan oleh CreateThread kepada Windows subsystem           dan subsystem melakukan beberapa proses setup untuk thread yang baru.
5. Thread handle dan thread ID dikembalikan kepada proses/program yang                membuat thread tersebut.
6. Thread dijalankan.

Windows dalam mengimplementasikan thread memakai model One-to-One. Sehingga windows mendukung multithreading. Win32 API adalah pustaka thread yang digunakan oleh windows.
Struktur data utama dalam thread windows : ETHREAD (executive thread block), KTHREAD (kernel thread block) yang keduanya berada pada kernel-level dan TEB (thread environment block) yang berada pada user-level.


PENGERTIAN DAN CONTOH HANDHELD

PENGERTIAN
Handheld computer adalah komputer yang cukup kecil sehingga dapat digenggam. Komputer genggam ini dapat bekerja dengan fungsi yang hampir sama dengan komputer biasa. Meskipun sangat mudah untuk dibawa, komputer genggam tidak dapat menggantikan komputer biasa (PC) karena hanya memiliki keyboard dan layar yang kecil. Beberapa produsen mencoba untuk memecahkan masalah keyboard yang terlalu kecil. Keyboard tersebut diganti dengan electronic pen. Bagaimanapun,electronic pen ini masih bergantung pada teknologi pengenalan tulisan tangan yang masih dalam tahap pengembangan.

Kelebihan dari komputer genggam ini adalah pengguna dapat menyimpan serta mengatur data dengan lebih efisien dan akurat. Biasanya komputer genggam dilengkapi dengan teknologi Bluetooth. Bluetooth memang tepat untuk mencetak secara nirkabel, menghubungkan antara komputer genggam dengan mobile printer. Tidak hanya dengan printer tetapi komputer genggam juga dapat dihubungkan dengan alat-alat lain melalui koneksi Bluetooth.

Komputer genggam dapat meningkatkan produktivitas pengguna dan memudahkan mereka untuk bekerja lebih efisien. Komputer genggam yang paling banyak digunakan adalah komputer yang khusus dirancang untuk menyediakan fungsi PIM (Personal Information Manager), seperti kalender, agenda, dan buku alamat.

CONTOH
  • ANDROID
adalah sebuah sistem operasi mobile phone yang direlease oleh google. Google merupakan sebuah perusahaan yang memiliki segudang aplikasi yang handal, seperti gmail, blogger, webmaster tool, google analytic, google buzz, google wave, spreadsheet, dan masih banyak lagi. Itulah yang menjadi kunci keunggulan Android OS karena didukung oleh sebuah perusahaan terkemuka dan memiliki segudang fitur unggulan yang saat ini banyak digunakan oleh khalayak ramai… 

Kelebihan : 
  • Multitasking – Android bisa menjalankan berbagai aplikasi, artinya bisa menggunakan berbagai aplikasi dalam waktu yang bersamaan.
  • Notifikasi – Setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tak ketinggalan Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip, sehingga tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun Misscall sekalipun.
  • Akses Mudah terhadap Ribuan Aplikasi Android lewat Google Android App Market – Jika kita menyukai kegiatan menginstall aplikasi ataupun games, lewat Google Android App Market, bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis. Ada banyak ribuan aplikasi dan games yang siap untuk di download di ponsel Android. 
  • Pilihan Ponsel yang beranekaragam - Bicara ponsel Android, akan terasa ‘beda’ dibandingkan dengan iOS, jika iOS hanya terbatas pada iPhone dari Apple, maka Android tersedia di ponsel dari berbagai produsen, mulai dari Sony Ericsson, Motorola, HTC sampai Samsung. Dan setiap pabrikan ponsel pun menghadirkan ponsel Android dengan gaya masing-masing, seperti Motorola dengan Motoblur-nya, Sony Ericsson dengan TimeScape-nya. 
  • Bisa menginstal ROM yang dimodifikasi – Jika tidak puas dengan tampilan standar Android, jangan khawatir ada banyak Costum ROM yang bisa di pakai di ponsel Android. 
  • Widget – Dengan adanya Widget di homescreen, kita bisa dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah. 
  • Google Maniak – Pengguna setia layanan Google mulai dari Gmail sampai Google Reader, ponsel Android telah terintegrasi dengan layanan Google, sehingga bisa dengan cepat mengecek email dari gmail.

Kekurangan : 
Tak bisa dipungkiri disamping kelebihan tentu saja ada kekurangan dari sistem operasi Android ini.
  • Koneksi Internet yang terus menerus – Kebanyakan ponsel Android memerlukan koneksi internet yang simultan alias terus menerus aktif, artinya pengguna harus siap berlangganan paket GPRS yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Iklan – Aplikasi di ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, namun konsekuensinya di setiap aplikasi tersebut, akan selalu iklan yang terpampang, entah itu bagian atas atau bawah aplikasi
  • Karena masih baru, maka belum banyak aplikasi yg tersedia untuk android, namun tidak menutup kemungkinan bakal bertambah banyak mengingat Android adalah OS open source. Hampir semua aplikasi bisa didapat gratis, dan dapat diunduh melalui fasilitas Android Market dan blog-blog pribadi.
  • Bagi orang yg belum pernah memakainya mungkin akan sedikit membingungkan
  • ponsel Android kurang nyaman jika dipakai untuk telepon
  • Masih sedikit yg memakai OS ini.
  • Android masih mampu sedikit mengimbangi Wndows Mobile untuk terintegrasi dengan Exchange (outlook) server tanpa hambatan
  • Android tidak bisa konek ke wireless ad-hoc. Sudah browsing ke forum2x, ternyata memang dari Androidnya.

  • SYMBIA OS
adalah sistem operasi terbuka yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile).

Kelebihan : 

  • Mudah dalam dimasukkan game atau aplikasi apa saja (Format jar. dan sis.)
  • Dirancang sebagai gabungan kemampuan computer dengan ponsel · 
  • Bersifat open application environment yang memungkinkan ponsel menjadi sebuah platform bagi pengembangan berbagai aplikasi dan layanan (bahasa dan konten) · 
  • Open standard dan interoperability, modul-modulnya mudah diimplementasikan secara fleksibel karena mendukung berbagai aplikasi teknologi dan pemrograman interfaces (APIs) 
  • Multitasking, yang menekankan pada object oriented dan component based. 
  • Flexible user interface design sehingga mudah dikembangkan dengan inovasi yang diinginkan

Kekurangan : 

  • Karena memiliki sistem operasi terbuka, handphone jenis ini sangat rentan terhadap serangan virus seperti Cabir, Commwarrior, SymbOS.skulls. dan masih banyak lagi. 
  • Handphone dengan sistem ini gampang Hang, atau lambat dalam membuka gallery, lagu, serta pesan singkat(SMS). 
  • Symbian ini termasuk dalam kategori OS yang mahal · Selain itu, Symbian OS ini pemakaiannya cukup rumit bagi seorang pemula ·
  • Symbian OS ini juga boros dalam penggunaan baterainya, dikarenakan sistemnya sangat besar dan canggih.



PENGERTIAN DAN CONTOH DISTRIBUTED PROCESSING

PENGERTIAN 

Distributed data processing (DDP) system merupakan bentuk yang sering digunakan sekarang sebagai perkembangan dari time sharing system. Bila beberapa sistem komputer yang bebas tersebar yang masing-masing dapat memproses data sendiri dan dihubungkan dengan jaringan telekomunikasi, maka istilah time sharing sudah tidak tepat lagi. DDP system dapat didefinisikan sebagai suatu sistem komputer interaktif yang terpencar secara geografis dan dihubungkan dengan jalur telekomunikasi dan seitap komputer mampu memproses data secara mandiri dan mempunyai kemampuan berhubungan dengan komputer lain dalam suatu sistem.

CONTOH

  1. Internet
  • Jaringan komputer dan aplikasi yang heterogen.
  • Mengimplementasikan protokol internet.
  1. Intranet
  • Jaringan yang teradminitrasi secara lokal.
  • Terhubung ke internet melalui firewall.
  • Menyediakan layanan internet dan eksternal.
  1. Mobile Computing ( Sistem Komunikasi telepon seluler)
  • Menggunakan frekuensi radio sebagai media transmisi
  • Perangkat dapat bergerak kemanapun asal masih terjangkau dengan frekuensinya
  • Dapat menghandle/dihububngkan dengan perangkat lain
  1. Sistem Telepon
  • ISDN atau yang biasa disebut jaringan telpon tetap (dengan kabel).
  • PSTN jaringan telepon/telekomunikasi yang semuanya digital.
  1. Network File System (NTFS)
  • WWW

Contoh Impementasi Distributed Data Processing System

     Aplikasi facebook.Com yang biasa anda gunakan untuk bersosialisai dengan saudara, kawan dan orang di seluruh dunia melalui internet. Bila kita lihat aplikasi tersebut, database tidak didistribusikan, tetapi proses sistem dan penggunaan fungsi-fungsi atau feature pada sistem terpisah-pisah prosesnya tidak satu proses saja dalam satu waktu. Pada waktu tertentu ada orang yang sedang isi status, dan mungkin di waktu yang sama ada sedang mencari teman, ada yang mengupload foto dan sebagainya.  Tampak disini beberapa proses pada sistem terdistribusi pada setiap client yang berbeda.

     Pada penggunaan aplikasi pembayaran / transaksi online pada suatu perusahaan, misalnya saja tiket pesawat terbang. Aplikasi tersebut juga contoh dari aplikasi pengolahan data terdistribusi, dimana data pembayaran ada tersimpan di database bank, sementara data tiketnya tersimpan di database server maskapai yang menyediakan aplikasi tiket online tersebut. Jadi dapat dikatakan bila aplikasi yang digunakan menggunakan database yang terpisah tidak satu database saja, maka dapat dikatakan itu adalah aplikasi pengolahan data terdistribusi atau dikenal juga dengan distributed  data processing system.